Cara Service Spion di Bengkel Mobil Serpong

Apa saja jenis kerusakan dan layanan service spion mobil patah? Berikut penjelasannya lengkap dengan cara perbaikan dan biaya servisnya.

Spion memang komponen yang terlihat sepele. Ukurannya yang kecil menjadikan service spion mobil sering disepelekan. Padahal jika spion mobil tidak berfungsi dengan baik bisa berbahaya saat berkendara. Kita tidak bisa memperhitungkan jarak parkir, jarak dengan mobil lain, melihat mobil di belakang.

Selain service spion mobil patah, servis spion mobil juga beragam tergantung jenis kerusakannya. Bengkel Mobil Serpong akan memberikan kamu informasi tentang jenis kerusakan spion dan biaya perbaikannya.

  1. Cover spion baret

Cover spion mobil baret sepertinya merupakan hal yang paling umum terjadi. Hal ini terjadi biasanya karena goresan dengan kendaraan lain, terutama motor. Motor yang datang dari berlawanan arah dengan kecepatan rendah tidak sengaja menyenggol spion mobil dengan stang sehingga tergores.

Tidak perlu ke Bengkel Mobil Serpong. Kamu cukup memakai compound dan oleskan pada bagian cat yang tergores. Jika tidak punya, kamu bisa mencoba menggunakan lotion anti nyamuk.

Sebelum dioleskan, bersihkan dulu cover spion yang tergores tadi dengan lap basah dan keringkan dengan lap kering yang bersih. Setelah itu baru oleskan lotion pada bagian spion yang tergores.

Basahi kembali spion yang telah dioleskan liotion dengan air dan lap dengan microfiber kering. Ulangi cara ini sampai goresan hilang. Lotion anti nyamuk memiliki kandungan Diethyltoluamide yang mempunyai reaksi untuk menyamarkan noda di permukaan.

  1. Kaca spion pecah

Kaca spion yang pecah juga bisa kamu ganti sendiri tanpa harus ke Bengkel Mobil Serpong. Biasanya spion pecah juga terjadi karena bersenggolan dengan kendaraan lain. Untungnya, jika kaca spion mobil pecah kamu tidak perlu ganti keseluruhan spion. Beli saja kaca spionnya di toko onderdil. Jika ukurannya tidak sesuai, kamu bisa memesannya custom sesuai ukuran spion mobil kamu..

Cara mengeluarkan kaca spion yang pecah yaitu tekan bagian atas kaca spion yang pecah hingga bagian bawahnya keluar dari cover spion. Kemudian gunakan obeng pipih untuk mencungkil bagian bawah spion agar kaca spion terlepas dari rumahnya.

Kamu sebaiknya berhati-hati karena karena ada klip pengikat pada bagian dalam kaca tersebut. Jika tidak hati-hati klip tersebut bisa patah. Bersihkan kaca yang pecah hingga benar-benar bersih.

Selanjutnya kamu bisa memasang kaca dengan memasukkannya ke rumah spion. Caranya adalah tekan bagian atas pada klip penjepit kaca lalu tekan bagian bawah. Jika sudah terdengar bunyi “klik” artinya kaca sudah terpasang dengan benar. Jika diperlukan, kamu bisa menambahkan sealant untuk merekatkan kaca.

  1. Spion patah

Spion patah adalah kerusakan paling fatal. Service spion mobil patah ini agak repot jika kamu lakukan sendiri.

Alat dan bahan yang diperlukan adalah isolasi hitam, gunting, alat cungkil, palu alat pemanas atau hot gun, dan kunci busi.

Cara service spion mobil patah yang pertama adalah buka penutup spion pada bagian pintu mobil kamu. Lepas semua bautnya, namun hati-hati jika ada kabel pelipat spion otomatis jika mobil kamu menggunakan spion otomatis. Jangan sampai kabel itu putus saat kamu melepas spion dari pintu mobil.

Kemudian gunakan lem plastik dengan daya rekat tinggi untuk menyambung bagian yang patah. Diamkan sampai kering agar spion benar-benar menyatu kembali. Kamu bisa juga pakai isolasi hitam atau isolasi bening pada bagian patahan spion. Kemudian, gunakan hot gun untuk memanaskan isolasi tadi supaya lebih merekat.

Lakukan pengecekan apakah spion sudah kembali berfungsi normal atau belum. Setelah itu baru memasang kembali covernya.

Jika ingin service spion mobil di Bengkel Mobil Serpong, kisaran biayanya adalah Rp250 ribu sampai Rp300 ribu. Untuk yang hendak mengganti spion dengan model orisinal pabrikan, biasanya mulai dari Rp650 ribu per buah. Ini untuk harga mobil pabrikan Jepang, sementara mobil Eropa bisa jutaan.

  1. Electric mirror aus

Jika electric mirror spion mobil kamu aus, kamu bisa mencoba service spion mobil sendiri. Caranya, buka baut console atas dan bawah kemudian lepas cover steering. Setelah itu lepas console speedometer dengan cara menarik ke atas dan keluar. Lakukan dengan perlahan agar tidak merusak soket kabel yang terhubung ke bagian saklar.

Lepaskan soket yang menuju ke bagian electric mirror dan juga saklar defogger. Setelah itu, lepas baut saklar electric mirror dan console. Kemudian lepaskan PCB pada bagian saklar. Bersihkan terlebih dahulu kalau ada korosi lalu periksa drat serta gigi-giginya.

Tetapi, jika sudah tidak bisa diperbaiki, kamu bisa mengganti gigi-gigi yang baru. Gigi-gigi ini memiliki usia pakai. Maka dari itu, mengganti gigi-gigi electric mirror akan membuat spion kembali bekerja normal.

  1. Pelipat otomatis bermasalah

Penyebab pelipat otomatis spion bermasalah adalah dinamonya rusak. Penyebabnya bisa karena air yang masuk melalui sela-sela spion. Semakin lama dibiarkan akan menimbulkan karat dan akhirnya dinamo rusak. Biaya perbaikan dinamo adalah sekitar Rp400 ribu.

Service spion mobil yang pelipatnya bermasalah cukup sulit. Pertama, kamu perlu membuka baut yang terdapat pada doortrim. Setelah itu bukalah rumah spion dan juga wood panel yang terletak pada doortrim. Kalau sudah terbuka akan terlihat kabel yang menuju spion mobil.

Setelah itu lepas soket dan juga mur yang menempel. Setelah itu kamu bisa mencoba menarik spion secara perlahan. Pada bagian itu kamu akan menemukan penyebab sehingga pelipat otomatis tidak bekerja.

Biaya service spion mobil jika pelipat otomatisnya rusak berkisar Rp1,2 juta.

Ternyata, meskipun kecil, biaya untuk service spion mobil patah dan kerusakan lainnya cukup mahal juga ya.

Kamu mencari bengkel untuk service spion mobil?  temukan Bengkel Mobil Serpong terdekat.kasi.